Selasa, 01 September 2009

THE MIRACLE OF ENZYME


Oleh : Mahfud
Guru Biologi SMP YPPI - 2 Surabaya

Dalam berbagi kesempatan, seringkali kita mendengar banyak sekali manfaat dari susu. Bahkan, akhir-akhir ini gencar banyak iklan menganjurkan minum susu. Tapi ngomong-ngomong, kok ternyata ada sebuah pendapat 'kontroversial' soal ini. Seorang profesor justru melarang kita untuk minum susu sapi.Bahkan menyuruh untuk menjauhkannya dari meja makan kita!!
Dalam sebuah bukunya, Prof. Hiromi Shinya, yang juga sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berjudul "The Miracle of Enzhym" atau "Keajaiban Enzim", mengupas fakta-fakta:
Mengapa kita sebaiknya,
- tidak minum susu sapi?
- membatasi minum teh hijau?
- makan buah dan minum jus 30-60 menit sebelum makan utama?
- minum 1-3 gelas air setelah bangun tidur pagi dan 2-3 gelas sejam sebelum makan?
- detoksifikasi menggunakan suntikan kopi?
- tidur siang 5 menit, setelah makan siang?
Ternyata, melakukan hal-hal tersebut bahkan bisa menyembuhkan kanker, obesitas (kegemukan), fibroid, konstipasi(sulit BAB), sulit tidur, penyakit jantung dan autoimun.
Dr. Hiromi Shinya—perintis pembedahan kolonoskopis tana insisi perut (teknik Shinya)—yakin bahwa tubuh punya kemampuan menakjubkan menyembuhkan-sendiri. Kuncinya: Faktor Enzim.
Dalam buku lengkap, praktis, dan menarik ini, Dr. Shinya menunjukkan bahwa:
- suplemen kalsium dan produk susu bisa menyebabkan osteoporosis;
- pembedahan dan obat-obatan tidak mengobati kanker;
- obat-obatan sering membuat anda lebih sakit;
- demam justru bisa menyehatkan; dan
- rasa cinta dan gembira bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Penemuan Dr. Shinya tentang “keajaiban“ tubuh akan merevolusi cara pandang kita terhadap tubuh manusia, nutrisi, pengobatan, dan kesehatan; hanya dengan memahami kuncinya: Enzim.
Selain itu, tidak ada makhluk di dunia ini yang ketika sudah dewasa masih minum susu kecuali manusia. Lihatlah sapi, kambing, kerbau, atau apa pun: begitu sudah tidak anak-anak lagi tidak akan minum susu. Mengapa manusia seperti menyalahi perilaku yang alami seperti itu?
“Itu gara-gara pabrik susu yang terus mengiklankan produknya,” ujar Prof Dr Hiromi Shinya, penulis buku yang sangat laris: The Miracle of Enzyme (Keajaiban Enzim) yang sudah terbit dalam bahasa Indonesia dengan judul yang sama. Padahal, katanya, susu sapi adalah makanan/minuman paling buruk untuk manusia. Manusia seharusnya hanya minum susu manusia. Sebagaimana anak sapi yang juga hanya minum susu sapi. Mana ada anak sapi minum susu manusia, katanya.
Mengapa susu paling jelek untuk manusia?
Bahkan, katanya, bisa menjadi penyebab osteoporosis? Jawabnya: karena susu itu benda cair sehingga ketika masuk mulut langsung mengalir ke kerongkongan. Tidak sempat berinteraksi dengan enzim yang diproduksi mulut kita. Akibat tidak bercampur enzim, tugas usus semakin berat. Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan “enzim induk” yang seharusnya lebih baik dihemat. Enzim induk itu mestinya untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang. Namun, karena enzim induk terlalu banyak dipakai untuk membantu mencerna susu, peminum susu akan lebih mudah terkena osteoporosis.Bagaimana menurut anda ?

16 komentar:

  1. menurut saya kebanyakan minum susu yg menagndung protein hewani hrs lbh bnyk protein nabati oh,ya minum teh sebelum tdr juga tdk blh karena membuat tdk bisa tdr






    HANSEN 8A/17

    BalasHapus
  2. Menurut saya minum susu mengandung bnyk lemak dan karbohidrat.KOpi juga tdk boleh d minum oleh anak2 yg msh berusia 1-12 karena dpt mmbuat tdk bisa tdr,,,




    JAMES 8a/19

    BalasHapus
  3. PendapatQ sii... Qt ttep bisa minum susu...
    asal, dalam takaran yg seimbang n tidak berlebihan... banyakin tuhh makan sayur...!!!


    Jessica Godwin 7bHeE...

    BalasHapus
  4. kalau saya setuja sama pendapatnya chika (atas).
    lagi pula susu bikin kenyang dan aku pasti minum susu kalau lagi nggak ada makanan.
    Kalo itu bener kira2 gimana ya sama pabrik2 susu yang banyakkkkk banget?

    Veronika Lydia
    7b/17

    BalasHapus
  5. mnrt q ma y betul tuwh..
    jgn kbanyakan mnum susu..
    kena osteoporosis stress tuuuwh,,


    Ricky
    8A/4

    BalasHapus
  6. Nama :christopher 7d/3


    Pak.... Kalau pemerintah tidak boleh memproduk susu lagi bangaimana nasip petani susu , pabrik susu , dan anak2 yang masih kecil ? Thanks pak . Aku cuma tanya itu kok pak

    BalasHapus
  7. Christopher,hingga saat ini pemerintah tidak melarang minum susu, sebab juga memikirkan peternak sapi perah,pabrik susu dan para pengusaha susu. Oleh sebab itu tidak ada larangan secara langsung, namun kalau masyarakat mengetahui sendiri dengan membaca buku ini pemerintah akan lebih senang sebab masyarakat sudah sadar sendiri seperti kasus rokok. Begitu ya, Chris, OK !

    BalasHapus
  8. saya setuju karena bnyk minum susu dpt menyebabkan osteoporosis.




    geraldine 7b/7

    BalasHapus
  9. ya ..
    saya setuju ...
    sebaiknya membatasi minum susu ....
    dan lebihh bnyak mengkonsumsi sayuran nabati ....

    Laurencia Isabell
    7b-11

    BalasHapus
  10. knapa susu baik di konsumsi oleh anak2 di bawah umur 5 tahun ? sdngkan di atas 5 thn tdk baik ? thenks ..

    Maria Angelina
    7D/15

    BalasHapus
  11. iahh ,,
    saya setuju ...
    sebaiknya mengurangi minum susu untuk mencegahh osteoporosis ...


    clarissa S.
    7B-05

    BalasHapus
  12. Sulit sekali makan yang benar-benar sehat dijaman sekarang ini. Karena makanan yang dijual oleh produsen-produsen makanan sekarang ini sudah banyak sekali mengandung pengawet, penyedap rasa, pewarna, dll yang merugikan kesehatan. Saya pikir susu ini bagus yah buat kesehatan ternyata banyak sekali sisi negatifnya buat kesehatan tanpa kita sadari. Karena dokter sekalipun pernah menganjurkan minum susu untuk menjaga kesehatan tubuh. Ironi juga.

    william w/7d/23

    BalasHapus
  13. pak.. katanya org tua ga boleh mengkomsumsi susu,, terus org2 tersebut mndapat kalsium dr mn??

    BalasHapus
  14. wah...kalau gitu kita mau makan apa???
    berarti banyak orang yang salah kalau minum susu untuk osteoporosis dong??
    semoga dengan buku itu masyarakat jadi tahu

    Inneke/IXb-4

    BalasHapus
  15. menurut saya kita seharusnya berusaha untuk berpola makan dan minum seimbang serta kita juga perlu memilih makanan tersebut dan kita juga perlu mengkonsumsinya menurut takaran/ tidak terlalu over...

    Angelita/9b/3

    BalasHapus
  16. Cindra (9a/8)
    saya setuju karena kalau terlalu banyak minum susu memang ada kemungkinan menyebabkan osteoporosis,,dan lagi susu itu langsung kita telan tanpa lebih lama di proses didalam mulut.

    BalasHapus